Pengertian Peralatan Input

Diposkan oleh Gilang Pribadi on Senin, 31 Desember 2012


Peralatan input adalah peralatan komputer yang fungsinya menerima input berupa data yang akan diproses komputer.

Manusia atau pemakai komputer memasukkan data melalui peralatan input ini dengan cara : mengetik, menyentuh atau menggunakan media seperti sinar, suara dan sebagainya.

Seperti yang diketahui, bahwa definisi komputer adalah : alat pengolah data elektronik. Data di sini tidak hanya berupa besaran digital saja (misalnya yang diinput melalui papan ketik / keyboard) melainkan dapat pula berupa besaran analog seperti : cahaya, suara dan sebagainya.
Peralatan input dapat berupa :

Peralatan input langsung, antara lain :
·   Keyboard, yang dalam pemakaiannya dapat bersama dengan peralatan lain berupa :
-    Keyboard pada komputer biasa (Komputer personal atau semacamnya)
-  Teleprinter Terminal
-  Financial Transaction Terminal
-  Point of Sale terminal

·   Pointing Devices, yang dapat berupa :
- Mouse
- Touch Screen
- Light Pen
- Digitizer Graphics Tablet

·   Joystick

·   Scanner, yang dapat berupa :
Magnetic Ink Caharacter  Recognition
Optical data reader, yang terbagi atas:
- OCR Reader
- OCR Tag Reader
- Bar code Reader (Universal Product Code Reader)
- OMR Reader
·   Sensor, yang dapat berupa :
- Mata di komputer
- Digitizing camera
- Voice Recognizer

Peralatan input tidak langsung, antara lain :
- Key to Card
- Key to Disk
- Key to Tape

Berikut ini adalah beberapa alat input yang umum digunakan akan penulis bahas secara singkat.

Keyboard
Keyboard atau papan ketik adalah peralatan untuk memasukkan data dengan menekan tombol-tombol yang ada padanya.
Point of sale adalah suatu peralatan yang biasanya dipakai di supermarket, yang mana terdiri dari keyoard, alat display dan alat cetak. Data transaksi berupa kode barang dan jumlah barang diinput lewat keyboard. Display memunculkan data transasksi dan alat cetak mencetak tanda terima dari pembeli.
Pada saat ini, Point of Sale terminal dilengkapi dengan pembaca harga barang yang diketikkan secara magnetic pada bar code  (kode batang). Alat pembaca yang menggunakan cahaya (biasanya infra merah) disebut Optical Character Recognition(OCR)

Pointing Device
Untuk keperluan tertentu, misalnya untuk pembuatan grafik (gambar), pengalihan kursor dan sebagainya, pemakaian keyboard kurang memuaskan. Oleh karena itu dipakai peralatan lain yang disebut pointing device, yaitu peralatan yang dapat menunjukkan titik tertentu di layar.
Jenis-jenis pointing device antara lain adalah sebagai berikut :

Mouse
Mouse adalah peralatan pointing device yang digunakan untuk mengatur posisi tertentu di layar dan setelah titik atau gambar tertentu yang diinginkan sudah tertunjuk oleh kursor atau pointer, maka dengan menekan tombol , data yang diinginkan masuk ke pemroses.

Mouse pertama kali dikembangkan oleh Doug Engelbart di Stanford Research Institute sekitar tahun 1960. Pengembangan mouse ini diterapkan pada komputer Xerox Star. Perusahaan komputer Apple mengenalkan mouse ini pada produknya dengan nama Apple Lisa.  Pada saat ini boleh dikatakan semua komputer digital menggunakan mouse sebagai salah satu alat input.

Touch Screen
Touch screen adalah layar yang dilengkapi fasilitas, sehingga dapat memasukkan data dengan penyentuhan menggunakan jari.
Misalnya pada layar tersebut diberikan beberapa pilihan, maka dengan menyentuh salah satu pilihan seseorang dapat menjalankan program berdasarkan pilihan tadi.

Light Pen
Light pen adalah pena  yang bila disentuhkan pada suatu layar yang dilengkapi dengan fasilitas khusus, maka terjadi pemilihan lokasi pada layar, dan bila lokasi itu berupa pilihan ( seperti hanlnya pada touch screen) : pilihan akan dilaksanakan.
Kelebihan dari light pen dibandingkan dengan touch screen adalah ketelitian penunjukan yang lebih tinggi dan tidak ada resiko pelompatan electron bebas dari layar ke jari.
Selain untuk pemilihan, maka light pen dapt dipakai untuk menggambar sesuatu atau membuat grafik.

Digitizer Graphic Tablet
Alat ini dipakai untuk menggambar grafik secara elektronik. Denan alat yang menyerupai pena yang dijalankan di atas meja (table) khusus, gambar akan terlihat di layar dan dapat direkam atau diproses.

Joystick
Adalah alat yang dipakai untuk mendukung program permainan. Bentuk alat ini umumnya seperti controller pada console Sony PlayStation. Penulis yakin sobat sudah tidak asing lagi dengan piranti ini :)

Scanner
Alat input berupa scanner bekerja dengan cara meraba secara elektronik input yang akan dibaca.
Pada saat ini banyak yang hanya mengetahui bahwa istilah peralatan scanner hanya untuk merekam gambar dan mencetaknya.

Secara umum, scanner terbagi atas :
-  Magnetic Ink Character recognition
- Optical Data reader, yang terdiri dari :
- Optical Character Recognition ( OCR ) Reader
- OCR Tag Reader
- Bar Code Wand
- Optical Mark Recognition (OMR) Reader

Magnetic Ink Character \Recognition (MICR)
MICR banyak digunakan di bank bank untuk trransaksi cek. Kode identifikasi bank dan nomor rekening nasabah (yang ditulis dengan tinta magnetic dan bisa saja tidak terlihat oleh mata) akan dibaca oleh komputer dan komputer akan memproses nilai transfer pada cek tersebut.

Optical Character Recognition (OCR) Reader
Alat ini dapat membaca character (huruf, angka dan tanda-tanda) baik dari alat cetak maupun tulisan tangan. Tentu saja dibantu dengan perangkat lunak dan standard character yang telah disiapkan lebih dahulu.

OCR Tag Reader
OCR Tag Reader adalah alat pembaca label barang yang dijual. Umumnya terdapat di supermarket. Namun character yang ditulis dalam bentuk (font) karakter OCR.

Bar Code Wand
Alat ini serupa dengan OCR Tag reader, hanya saja Alat ini dipakai untuk membaca label barang yang dicetak dalam bentuk kode batang (Bar code).
Kode batang yang paling banyak digunakan adalah system Universal Product Code (UPC)
UPC menggunakan 10 kode digit yang terdiri dari : 5 digit pertama menunjukkan identitas pabrik dan 5 digit berikutnya menunjukkan kode barang dan ukurannya.

OMR Reader
Optical Mark Recognition (OMR) reader sekarang banyak dipakai untuk penilaian testing, pembacaan hasil daftar pertanyaan (kuesioner) dan sebagainya. Alat ini membaca letak yang ditandai dengan hitam (biasanya menggunakan pinsil 2B) dan mengirimkan data ini ke alat pemroses.


SENSOR
Sensor Device adalah alat yang mampu secara langsung menangkap data kejadian phisik. Data analog yang dikumpulkan tersebut dimasukkan ke pengubah:  analog-to-digital-converter yang mana data tadi berubah menjadi digital dan dimasukkan ke alat pemroses.

Mata di Komputer
Alat ini biasanya dipasang pada kamera di pesawat ruang angkasa, baik untuk keperluan ilmiah maupun untuk keperluan mata-mata. Hasil jepretan kamera yang berupa data analog dirubah menjadi digital dan diproses oleh komputer.

Digitizing Camera
Kamera digital seperti ini sudah sangat populer pada saat ini, bahkan hand phone pun sering dilengkapi dengan kamera ini. Pemrosesannya dapat menggunakan komputer untuk menghasilkan gambar

VOICE RECOGNIZER
Alat ini merupakan cikal bakal perkembangan komputer generasi ke 5 kelak. Sekarang banyak dipakai sebagai pengenal suara. Msalnya, seseorang ingin membuka pintu halamannya tidak perlu turun dari mobil, cukup menggunakan mikropon, yang mana suaranya dikirim melalui gelombang radio, dicocokkan dengan yang terekam di komputer. Bila “match” (cocok)  maka pintu akan terbuka.

Sampai disini dulu artikel Pengertian Peralatan Input
Semoga Bermanfaat Yach… 
Wassalamu’alaikum!

{ 1 komentar... read them below or add one }

khusnul marlia mengatakan...

Rajalistrik.com

Poskan Komentar

 
.